HomeLintas BeritaPolsek Blambangan Umpu Berhasil Ringkus Pelaku Curat 317 Tandan Sawit Milik PT...

Polsek Blambangan Umpu Berhasil Ringkus Pelaku Curat 317 Tandan Sawit Milik PT Aman Jaya

JAYANTARANEWS.COM, Blambangan Umpu

Mar (30), terduga pelaku Curat 317 tandan buah sawit di areal perkebunan sawit PT Aman Jaya, berhasil dibekuk Polsek Blambangan Umpu Polres Way Kanan. Mar merupakan warga Kampung Gunung Sangkaran, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. 

Kapolsek Blambangan Umpu AKP Catur Hendro Sutejo, yang mendampingi Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo, di ruang kerjanya, pada Senin (15/4), menerangkan, bahwa pelaku melakukan pencurian buah sawit pada hari Selasa (12/4), sekitar pukul 03.30 WIB, di kebun sawit milik PT Aman Jaya.

Diketahuinya kasus Curat tersebut, berawal saat pelapor Ismono (sekuriti perusahaan) melakukan patroli, dan melihat beberapa orang yang sedang mengambil dan memindahkan buah sawit dari bawah pohon sawit ke tumpukan buah sawit yang ada di pinggir jalan areal kebun sawit.

Selanjutnya, dua orang diduga pelaku yang diketahui Ismono berinsial H dan Mar, lalu mendatangi Ismono ingin menyuap dengan memberikan uang rokok untuk mengeluarkan buah sawit tersebut apabila diperbolehkan.

Namun pelapor menolak. Karena pelapor hanya seorang diri, maka pelapor menghubungi para saksi untuk segera datang ke TKP untuk mengamankan para pelaku.

Setelah para saksi tiba di TKP, diduga pelaku melarikan diri, lalu pelapor bersama para saksi melakukan pemeriksaan di TKP dan mengamankan 317 tandan buah sawit dengan berat 4.755 kg, dan apabila dinominalkan dengan uang sebesar Rp9.510.000,00.

Sedangkan pelaku berhasil diamankan pada hari Jumat (12/4), sekitar pukul 14.00 WIB, oleh Tekab 308 PRESISI Polsek Blambangan Umpu, di Kampung Gunung Sangkaran, Blambangan Umpu, tanpa melakukan perlawanan.

Kini pelaku diamankan di Mapolsek Blambangan Umpu dan dijerat dengan pasal 363 KUHP ayat (1), ke-4 dan ke-5, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman pidana maksimal tujuh tahun penjara. (ibrasanusi)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News