HomeNewsEmbung Tak Berfungsi, Masyarakat Waworada Alami Gagal Panen & Paksa Puasa

Embung Tak Berfungsi, Masyarakat Waworada Alami Gagal Panen & Paksa Puasa

Embung Tak Berfungsi, Masyarakat Waworada Alami Gagal Panen & Paksa Puasa

IMG-20190311-WA0376

JayantaraNews.com, Bima

Embung yang ada di Desa Waworada, Kabupaten Bima, tidak berfungsi karena seluruh daerah genangan embung tersebut sudah tertutupi material dari gunung seperti pasir, kerikil, lumpur, dedaunan, dan sejenisnya sehingga embung tersebut tidak dapat menampung air untuk mengairi lahan pertanian yang ada di desa tersebut.

Menurut Ketua Kelompok Tani Gapoktan Desa Waworada Mansyur (45) yang ditemui wartawan di rumahnya, pada Senin (11/3) menyampaikan, bahwa kondisi embung tersebut saat ini sudah tertutupi  material yang berasal dari gunung sehingga daya tampung air yang ada pada embung tersebut tidak ada.

“ Embung itu sekarang ini tidak berfungsi dan tidak memiliki daya tampung air untuk kami airi sawah, oleh karena itu, beberapa tahun terakhir ini kami mengalami gagal panen dan terpaksa puasa karena karena hasil panen tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari,” tambah Mansyur.

Mansyur menjelaskan, embung tersebut merupakan satu-satunya embung yang ada di Desa Waworada yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian masyarakat setempat yang luasnya lebih kurang 255 hektar untuk lahan pertanian teknis dan lebih kurang 80 hektar lahan pertanian non teknik. Oleh karena itu, ketika embung tersebut tidak berfungsi, sangat besar dampak yang dirasakan oleh masyarakat setempat.

Mansyur berharap kepada pemerintah terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar memperhatikan nasib petani yang ada di Desa Waworada dengan melakukan perbaikan dan pengerukan terhadap areal genangan embung tersebut.

IMG-20190311-WA0377

Sementara itu di tempat berbeda, Kepala Desa Waworada Irman Ismail, SSos yang dikonfirmasi di ruang kerjanya membenarkan, bahwa dengan kondisi embung yang tidak berfungsi tersebut, mengakibatkan masyarakat setempat mengalami gagal panen. Oleh karena itu, diharapkannya kepada pemerintah daerah agar membantu memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi masyarakatnya.

“ Kami selaku pemdes selalu melakukan upaya pendekatan-pendekatan kepada pemerintah untuk membantu kami dalam masalah embung tersebut. Semoga bantuan yang kami minta kemarin, bisa diberikan oleh pemerintah daerah agar petani yang ada di Waworada tidak mengalami gagal panen,” harap Irman.

(JM JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News