Berkali2 PT BCP Buang Limbah Tanpa Proses, Aman Tanpa Tindakan Aparat!

IMG_20190513_152841

JayantaraNews.com, Kab Bandung

IMG_20190513_152833

Seolah PT Bintang Cipta Perkasa (BCP) kebal terhadap hukum dan aturan. Karena nyatanya, sudah berkali-kali menjadi konsumsi publik lewat pemberitaan, namun tidak ada yang mampu menghentikan ulah PT BCP.

Hal ini terbukti, perusahaan tersebut terus membuang limbah sembarangan yang diduga tanpa melalui proses yang sudah ditentukan.

Disayangkan, kenapa tidak adanya aparat yang berwenang dalam menangani kasus dugaan pembuangan limbah cair B3 oleh PT BCP tersebut. Seolah-olah aparat hukum tutup mata tutup telinga, dan tidak mau tahu akan keluhan-keluhan warga.

Hal demikian seperti diungkapkan oleh salah satu warga sekitar yang kebetulan bersebelahan dengan PT BCP. ” Pabrik ini sering membuang limbah tanpa proses. Saya pun selaku warga heran kepada aparat yang selalu menggembar gemborkan tentang Citarum yang bebas dari limbah. Padahal, PT BCP hampir seminggu 2 kali membuang limbah tanpa proses.”

” Seakan tak ada aparat yang mampu menyentuhnya!. Itu pun selalu ada dari pihak Satgas Citarum Harum yang mengecek, namun mengeceknya bila tidak membuang limbah ke parit,” ungkap warga kesal.

” Ada dugaan, PT BCP yang sering membuang limbah tanpa proses ini, ada oknum-oknum yang bermain di belakangnya. Karena sering media memberitakan, namun seolah tak ada yang berani menyentuhnya.”

Ditemui JayantaraNews.com di lapangan, Senin (13/5), Ketua Barisan Nasional Pancasila (BNP) PAC Majalaya Barce, mengatakan,” Coba lihat ini! Sekarang yang sedang membuang limbah, saya sudah melihat hampir 5 kali PT BCP membuang limbah ke parit ini, namun anehnya tidak ada yang berani mengungkap dan memberikan sanksi kepada PT BCP.  Aparat seolah-olah tutup mata tanpa ada tindakan apapun,” geram Barce.

” Tidak adanya tindakan dari aparat, baik DLH maupun yang lainnya, seakan memberikan ruang bagi PT BCP untuk membuang limbah B3 secara sembarangan. Kalau memang tidak ada aparat penegak hukum yang berani mengungkap PT BCP, yang membuang limbah B3 tanpa proses, sebaiknya jangan ada larangan lagi kepada PT yang lain, buka bebas membuang limbah sembarangan, agar aparat hukum tidak merasa cape mengontrol dan mengawasi pabrik yang membuang limbah sembarangan tanpa proses,” jelas Ketua BNP PAC Majalaya Barce.
(Tim)

0Shares