HomeLintas BeritaGubernur Sumbar Resmikan Rumah Gadang Alumni SMKN 1 Bukittinggi

Gubernur Sumbar Resmikan Rumah Gadang Alumni SMKN 1 Bukittinggi

Gubernur Sumbar Resmikan Rumah Gadang Alumni SMKN 1 Bukittinggi

JayantaraNews.com, Bukittinggi

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan Rumah Gadang Alumni (RGA) SMKN 1 Bukittinggi, Sabtu lalu (11/1/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut; Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs Toni Harmanto, MH, jajaran Forkopimda Provinsi, Wali Kota Bukittinggi H Ramlan Nurmatias, SH beserta Forkopimda Bukittinggi, dan para mantan guru serta Alumni SMKN 1 Bukittinggi.

Ketua Umum DPP Alumni STM Negeri Brigjen Pol (purn) Edmon Ilyas menjelaskan,” Rumah Gadang Alumni (RGA) dibangun sejak 3,5 tahun lalu di tahun 2016. Rumah Gadang Alumni berdiri atas rasa bergotong royong dan juga kiprah dari Alumni SMKN 1 Bukittinggi.”

“ Sebelumnya rencana ini memang ambisius, karena membutuhkan dana cukup besar sekitar Rp 1 milyar, tapi Alhamdulillah terwujud juga berkat swadaya dan gotong royong dari para alumni kita,” ucapnya.

” Rumah Gadang Alumni (RGA) sebelumnya memang hanya untuk kantor sekretariat alumni. Akan tetapi terjadi perubahan desain menjadi 2 lantai, dilengkapi dengan ruang tamu dan ruang rapat ditambah ada 2 kamar tidur lengkap kulkas dan AC, dapur dan juga toilet.

Lantai 2 bisa untuk acara baralek. Rumah Gadang Alumni (RGA) juga terbuka untuk masyarakat Bukittinggi, alumni, siswa, guru dan juga untuk para mantan para guru,” ulasnya.

Kepala SMKN 1 Bukittinggi Drs Muhammad Dinin, mengucapkan terima kasih kepada alumni yang sudah bekerja keras, sehingga Rumah Gadang Alumni (RGA) sudah bisa diresmikan,” sambung kepala sekolah.

“ Kalau bukan karena upaya dan kerja keras Rumah Gadang Alumni (RGA), masih belum tentu akan terwujud dan dapat diresmikan secara sistematis dari alumni maupun membimbing adik kelasnya masuk ke dunia industri, sehingga mampu berkarya di dalam segala bidang industri,” ulasnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi Drs Muhammad Dinin berharap, Rumah Gadang Alumni (RGA) makin memperkuat jalinan komunikasi antar pihak sekolah dengan alumni. Salah satunya akan dimanfaatkan untuk kegiatan alumni dan juga kegiatan untuk kemasyarakatan di Bukittinggi.

“ Untuk sekarang, jumlah siswa SMKN 1 Bukittinggi ada 1.712 siswa pada saat ini, tapi masih belum ada masjid yang representatif. Kami semua juga berdoa agar ada dukungan dari kita semua, sehingga semua ini bisa terwujud,” kata kepala sekolah.

Di kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi H Ramlan Nurmatias, SH menuturkan, atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi mengucapkan terima kasih dan juga selamat kepada para alumni yang telah memikirkan SMKN 1 Bukittinggi untuk kedepannya,” tutur Wako.

Sesuai dengan UU No 23, SMKN 1 Bukittinggi telah diserahkan ke provinsi. Tanah ini termasuk luasnya lebih kurang 3,5 hektare, karena itu perlu dikembangkan semaksimal mungkin.

” Pemerintah Kota Bukittinggi akan menganggarkan pembangunan mushalla yang nilainya besar, sesuai dengan komitmen Kota Bukittinggi untuk mendidik disegi keagamaan siswa. Tentu diharapkan pula kiprah pemerintah provinsi dan juga dari DPRD.

“ Dunia pendidikan tentu tidak akan berhenti berjalan, walaupun SMKN 1 Bukittinggi di bawah tanggung jawab provinsi, namun Pemerintah Kota Bukittinggi akan tetap memperhatikannya. Terbangunnya Rumah Gadang Alumni (RGA) merupakan contoh nyata rasa persatuan dari para alumni untuk mengembangkan sekolahnya. Kami berharap, untuk kedepannya akan tetap berlanjut bersama-sama memperhatikan SMKN 1 Bukittinggi,” tutup Wako.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan juga,” Alumni SMK Negeri 1 Bukittinggi benar-benar hebat, sehingga mampu berkiprah untuk sekolahnya. Satu hal yang pasti, saat ini Alumni SMKN 1 Bukittinggi sudah bisa bersilaturahmi mengembangkan sekolahnya dan sudah bisa diresmikan Rumah Gadang Alumni (RGA) ini,” tutup gubernur. (ZH)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News