HomeLintas BeritaWartawan & GA Covid-19 Kota Depok Door to Door ke Rumah Warga...

Wartawan & GA Covid-19 Kota Depok Door to Door ke Rumah Warga Semprotkan Disinfektan Wilayah Zona Merah

Wartawan & GA Covid-19 Kota Depok Door to Door ke Rumah Warga Semprotkan Disinfektan Wilayah Zona Merah

JayantaraNews.com, Depok

Wartawan bersama Gerakan Anti (GA) Covid-19 mengadakan penyemprotan disinfektan, turun langsung door to door ke permukiman rumah warga yang wilayahnya banyak tertular virus Corona (Covid-19), di Gg Bhakti I – II – III, RT/RW 02/02 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Rabu, (30/6/2021).

Kepedulian sosial penyemprotan tersebut berawal dari informasi masyarakat, bahwa di lingkungan RT 02, RW 02 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, ditemukan ada warga yang terkena virus corona sebanyak 10 orang.

“Ya, memang ada yang terpapar virus corona sebanyak 10 orang. Bahkan sebelum dilakukan penyemprotan, baru saja ada yang meninggal,” kata Zaenal Arifin, selaku Ketua Karang Taruna RT/RW 02/02.

Dia jelaskan, “Di lingkungan RT/RW 02/02 ini, ada sebanya 300 kepala keluarga, sementara yang terpapar baru 10 orang,” ucapnya.

Senada disebutkan M. Arifin, warga setempat yang menuturkan, bahwa warga di lingkungan RT 02 memang banyak yang hilir mudik, termasuk pendatang juga yang mengontrak. Kita tidak bisa memonitor warga yang keluar masuk di lingkungan RT 02, apakah dia sebagai OTG atau ODP? ulasnya.

Dikatakan Mangaranap Sinaga, Ketua Gerakan Anti (GA) Covid-19, “Hari ini kami kembali  adakan gerakan Anti Covid untuk sekian kalinya, yakni dengan aksi melakukan penyemprotan disinfektan dua kali di wilayah yang berbeda, yaitu; pertama di Jalan Rambutan Raya dan di Gg. Bakti RT/RW 02/02 Kelurahan Depok, dimana banyak warga yang terpapar Covid-19. Kita lakukan penyemprotan menggunakan alat pelindung diri (APD). Di masing-masing wilayah tersebut ada warga yang meninggal dunia akibat tertular virus Corona varian baru,” ungkapnya.

Kami juga melakukan penyemprotan di daerah zona merah, seperti di wilayah Duren Mekar Kecamatan Bojongsari. “Hari ini GA anti Covid melaksanakan penyemprotan disinfektan bersama rekan-rekan wartawan media online. Penyemprotan dilakukan di lingkungan, khususnya wilayahnya terkena virus corona.

“Kebetulan di Gg. Bhakti Jaya RT/RW 02/02 juga ada warga meninggal dunia yang tertular virus Corona inisial An, usia 35 tahun.”

Selain itu, Mangaranap terangkan, sebelumnya kami juga sudah melakukan bagi-bagi masker dan sembako. Penyemprotan juga dilakukan di tempat rumah ibadah, masjid, gereja, lintang dan kelenteng, imbuhnya.

Dengan melonjaknya Covid-19, kita juga lakukan sosialisasi edukasi dengan memasang spanduk sebagai bentuk himbauan ke masyarakat, agar tetap mentaati Prokes, mentaati 5 M. “Di Kota Depok saat ini, angka terpapar Covid hampir rata-rata 600, bahkan tiga hari terakhir ini meningkat lagi di atas 700 yang positif terpapar virus Corona. Dari semalam hingga siang tadi kasus Covid ada sebanyak 21 orang yang meninggal dunia, sebentar sore ini kita akan mendapat informasi lagi,” pungkas Ketua GA anti Covid Kota Depok ini.

Untuk itu, kata Mangaranap, kita mengajak wartawan supaya dapat tersosialisasi perkembangan terbaru, dan berharap wartawan media online untuk berita-berita terhadap informasi Covid saat ini dapat diketahui oleh masyarakat dengan kondisi yang sebenarnya. Gerakan Anti Covid-19 ini adalah salah satu upaya menjaga penularan virus Corona, seperti moto kami, yaitu: “Kita jaga Kita”, karena yang menjaga diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Untuk itulah, efektifnya kerja sama wartawan PWOIN ota Depok dengan kami dari Gerakan Anti Covid di Kota Depok,” tuturnya.

Di kesempatan tersebut, Ketua PWOIN Kota Depok Benny Gerungan mengatakan, dengan dilakukan penyemprotan disinfektan di permukiman warga dengan APD, kami door to door dari rumah ke rumah warga, rumah Bidan Yus Nely juga kami semprot disinfektan, lanjutnya.

Dengan adanya penyemprotan disinfektan secara gratis, tampak warga sangat antusias, rumah dan warungnya disemprot cairan disinfektan. Walau mereka  memberikan uang jasa, namun kami tolak, karena ini murni kegiatan sosial, membantu warga, bahwa di lingkunganya banyak yang terpapar penularan virus corona.

Dengan spontanitas, kami dari wartawan bersama GA Covid-19 Kota Depok cepat tanggap, langsung turun melakukan penyemprotan disinfektan di permukiman warga tersebut. Meski disaat dilakukan penyemprotan ada yang meninggal dunia terkena virus corona. (Yuni)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News