HomeLintas BeritaKurangi Angka Kebutaan, Tim PERDAMI RS Cicendo Gelar Operasi Katarak Gratis di...

Kurangi Angka Kebutaan, Tim PERDAMI RS Cicendo Gelar Operasi Katarak Gratis di Sukra Indramayu, 59 Pasien Tertangani

JAYANTARANEWS.COM, Indramayu

Pada Selasa, 22 November 2022, melalui rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), Tim Dokter Mata (Pusat Mata Nasional) dari RS Cicendo Kota Bandung, telah melaksanakan bakti sosial (Baksos), yakni operasi mata gratis di Puskesmas Sukra, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Alhamdulillah. Sebanyak 59 orang pasien yang mengalami katarak telah selesai dilakukan operasi.” Demikian disampaikan Heru Suprayitno, AMd.Kep., salah satu Tim Ahli dari RS Cicendo, melalui JayantaraNews.com, Selasa, 22/11.

Sebagaimana diketahui, bahwa katarak adalah suatu penyakit, dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan. Pada umumnya, katarak berkembang perlahan dan awalnya tidak terasa mengganggu. Namun lama-kelamaan, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut, sulit menyetir, membaca, serta melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit mata ini juga merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati.

Menurut Heru Suprayitno, bahwa penyebab katarak yang paling umum ditemui adalah akibat proses penuaan atau trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata. “Imbasnya, lensa menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel,” katanya.

“Beberapa kelainan genetik bawaan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang bisa meningkatkan risiko katarak,” tambahnya.

Kita melakukan operasi selama 3 hari, dari tanggal 21, 22, dan 23 November 2022, atas rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

Heru menyebut, bahwa Tim Ahli yang menangani, di antaranya: dr. Syumarti, SpM (K)., MSc., dr. Nina Ratnaningsih, SpM (K)., MSc., dr. Mayang Rini, SpM (K)., MSc., Dr. dr. Irawati Irfani, SpM (K)., M.Kes., Dr. dr. R. Angga Kartiwa, SpM (K)., M.Kes., dr. Sheilla Selviana., Heru Suprayitno, AMd.Kep., Dede Suryana, Zanil F. Suganda, Yayang, dan Yani Mardiani.”

Di akhir bincangan, Heru menegaskan, bahwa misi visi-nya dari Baksos tersebut, yakni dalam rangka mengurangi angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak, tutupnya. (Pahe)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News