HomeLintas BeritaAggota MPR/DPR RI 'Hj. Endang Maria Astuti': Melalui Empat Pilar Kebangsaan, Kita...

Aggota MPR/DPR RI ‘Hj. Endang Maria Astuti’: Melalui Empat Pilar Kebangsaan, Kita Jaga Kedaulatan NKRI

JAYANTARANEWS.COM, Wonogiri

Hj. Endang Maria Astuti, S.Ag., SH., MH., selaku anggota MPR/DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, daerah pemilihan Jawa Tengah IV, yang meliputi Kab. Sragen, Kab. Wonogori, dan Kab. Karanganyar, belum lama ini melaksanakan kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, pada Minggu, 28 Mei 2023, di Kab. Wonogiri.

“Sosialisasi itu wajib dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemahaman Empat Pilar, hingga benar-benar bisa diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Hj. Endang Maria Astuti, ketika diwawancarai di sela-sela sosialisasi.

Acara sosialisasi yang disambut antusias oleh para peserta itu, turut dihadiri oleh pensiunan keluarga besar TNI/Polri dan FKPPI. Turut serta, Kapolres yang diwakilkan dan Dandim yang juga diwakilkan.

Dikatakan Hj. Endang, bahwa penting untuk memasyarakatkan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Hal tersebut agar nilai-nilai Pancasila dapat menjadi inspirasi seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Bangsa Indonesia harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi yang bisa mengikat beragam kemajemukan,” tandasnya.

“Pancasila adalah konsensus nasional yang dapat diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat di Indonesia. Pancasila adalah dasar negara yang mempersatukan bangsa dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuannya. Dalam posisinya seperti itu, Pancasila merupakan sumber jati diri bangsa, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa,” ujar Hj. Endang Maria Astuti di hadapan peserta.

Ditegaskan Hj. Endang, bahwa nilai-nilai luhur itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan dan Bhinneka Tunggal Ika. Penyebutan empat pilar kehidupan. 

Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia, kata dia, secara alamiah mengalami suatu pergeseran atau perubahan yang signifikan dari semua sendi kehidupan. “Semua dampak yang muncul dalam proses tersebut harus segera ditanggapi dan dipertimbangkan, guna memperkuat suasana kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam menyongsong era yang semakin modern. Sehingga pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara tetap dalam koridor mencapai tujuan negara,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Endang Maria Astuti juga mengingatkan, agar jangan sampai masyarakat terjebak oleh adu domba-adu domba yang dilontarkan oleh pihak-pihak tertentu demi kepentingan sesaat. Masyarakat Indonesia sangat beruntung karena memiliki Pancasila sebagai dasar negara.

”Kita beruntung punya Pancasila. Karena dengan perjuangan seluruh pihak, Pancasila ini menjadikan Indonesia tetap teguh, tegak,  tetap eksis, dan tidak terpecah,” ujar dia.

Untuk itu, dia mengingatkan kembali tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. “Karena Pancasila lah yang menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan di tengah keberagaman,” katanya.

Di ujung acara sosialisasi, peserta yang hadir dari keluarga besar TNI dan Polri, dalam masukannya berharap dan berkomitemen untuk tetap menjaga kedaulatan NKRI.

“Jangan sampai bangsa ini terpecah belah, dan tetap jadikan pilar bangsa sebagai pondasi. Melalui Empat Pilar Kebangsaan juga, kami keluarga besar TNI dan Polri bersama FKPPI, berkomitmen untuk bisa turut membangun bangsa,” imbuh peserta yang hadir pada acara sosialisasi tersebut. (BS)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News