HomeLintas BeritaAntisipasi Banjir Rob, Satgas TMMD Bangun Talud Penahan Ombak di Desa Ilngei...

Antisipasi Banjir Rob, Satgas TMMD Bangun Talud Penahan Ombak di Desa Ilngei Kepulauan Tanimbar

JAYANTARANEWS.COM, Ilngei

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 TA. 2023 Kodim Saumlaki melaksanakan pembangunan Talud penahan ombak di bibir pantai yang terletak di Desa Ilngei, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (19/7/2023)

Diketahui, masyarakat setempat kerap merasa khawatir jika banjir rob tiba-tiba datang menghampiri warga Desa Ilngei. Barang-barang berharga seperti perabotan rumah tangga, kasur dan lain sebagainya selalu menjadi korban akibat dari banjir rob tersebut.

Soter Fenanlampir, selaku Ketua RT 04 mengaku, biasanya banjir rob datang 2 kali pertahun. “Jika ada banjir rob, rumah-rumah warga dengan radius 50 meter terdampak dari banjir tersebut,” ujarnya.

Soter Fenanlampir pun bersyukur, pembangunan talud melalui program TMMD ini dapat dilaksanakan.

Jika tidak ada tanggul, ujar Soter Fenanlampir, sampah-sampah yang ada di laut mengarah ke daratan, salah satunya ke kampung tersebut, sehingga terlihat kumuh.

”Mudah-mudahan, dengan pembangunan talud ini, setidaknya dapat meminimalisir kekhawatiran warga terhadap banjir rob dan penumpukan sampah,” pungkasnya.

Sementara, Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 1507/Saumlaki Letkol Inf Hendra Suryaningrat, S.Sos., mengatakan, pembangunan talud bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir rob di Desa Ilngei tersebut.

Selain itu, talud dengan panjang 300 meter ini difungsikan untuk menahan sampah-sampah yang datang di areal perkampungan akibat terseret ombak.

”Bisa kita lihat di lokasi ini, banyak terdapat penumpukkan sampah. Banyaknya sampah Lantara terbawa ombak,” ujarnya.

”Dengan adanya talud ini, mudah-mudahan dapat meminimalisir serta mencegah terjadinya banjir rob,” tandasnya. (Pendim 1507/SLK)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News