HomeSeputar JabarRektor UIN SGD Bandung Lantik 1.428 Lulusan Wisuda Ke-76, Beri Perhatian Khusus...

Rektor UIN SGD Bandung Lantik 1.428 Lulusan Wisuda Ke-76, Beri Perhatian Khusus Lulusan Beprestasi

Rektor UIN SGD Bandung Lantik 1.428 Lulusan Wisuda Ke-76, Beri Perhatian Khusus Lulusan Beprestasi

JayantaraNews.com, Bandung

Prof Dr H Nanat Fatah Natsir, MS, Ketua Senat Universitas membuka acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda ke-76 lulusan Program Diploma dan Sarjana UIN SGD Bandung yang berlangsung di Aula Anwar Musaddad, Minggu (06/10/2019).

Nanat Fatah Natsir dalam sambutannya menuturkan, rasa syukur atas terselenggaranya Wisuda Program Diploma (D-III) dan Sarjana (S1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2019/2020, yang berjumlah 1.428 orang.

” Setelah lulus dari UIN SGD Bandung, tugas saudara berikutnya adalah mengabdi kepada masyarakat, untuk mendapatkan Ridha Allah SWT, dalam mengamalkan ilmu yang saudara dapatkan dari bangku kuliah, dan kini saudara sudah menyandang gelar kesarjanaan, sebagai cendikiawan muslim yang ulul albab, memadukan antara dzikir dan fikir, mampu berfikir mendalam, substansial, dan peduli dengan problem yang dihadapi masyarakat,” tegas Prof Nanat.

Sementara itu, Rekto UIN SGD Bandung Prof Dr H Mahmud, M.Si, menyatakan patut bersyukur atas sejumlah progres yang diraih semasa kepemimpinannya. Berturut-turut Mahmud mendedarkan pencapaiannya sejak Pertama; September 2019, lembaganya menerima penghargaan sebagai PTKIN Terbaik Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah dari Kementerian Agama RI. Lalu Maret 2019 meraih Nilai “A” (Unggul) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT), Kedua, jika pada 2015 hanya memiliki 4 Prodi terakreditasi A, maka kini (Mei 2019) UIN Bandung telah memiliki 20 Prodi terakreditasi A.

” Ini artinya naik sebesar 550% dan merupakan pencapaian pertama yang luar biasa,” tandas Mahmud.

Selanjutnya masih kata Mahmud, pencapaian ketiga, pada tahun 2018 perpustakaan UIN Bandung menjadi satu-satunya perpustakan di lingkungan PTAKIN yang terakreditasi “A” oleh Perpustakaan Nasional RI. Keempat, tahun 2018, tercatat memiliki mahasiswa berprestasi, juara hafidz Al-Quran tingkat International. Dan kelima, sampai dengan Agustus 2019, terdapat 23 Jurnal ilmiah yang terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

” Kita berdoa, mudah-mudahan ke depan UIN Sunan Gunung Djati Bandung lebih maju lagi, sehingga tercapai apa yang telah ditetapkan dalam visi misinya, Aamiin,” jelas Mahmud.

Apresiasi Rektor

Dalam perhelatan Wisuda je- 76 ini Rektor UIN SGD Bandung, melantik 1.428 lulusan yang berasal dari : Fakultas Ushuluddin 183 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 343 orang, Fakultas Syari’ah dan Hukum 157 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 211 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 148 orang, Fakultas Psikologi 42 orang, Fakultas Sains dan Teknologi 137 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 207 orang.

Uniknya, Rektor secara khusus mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, dosen dan civitas akademika UIN SGD Bandung yang telah berhasil menghantarkan anak didiknya meraih gelar sarjana.

” Kepada Dekan Ushuluddin, saya mengucapkan terima kasih atas diwisudanya satu lulusan yang Hafiz Quran 30 Juz, Muhammad Anis Fuadi, S.Ag, jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Juga kepada Prof Dr HM Anton Athoillah, MM, yang berhasil menghantarkan anaknya meraih IPK tertinggi, Bening Fathima Rabbaniya A, SE. Mudah-mudahan menjadi kader yang dapat membanggakan orang tua dan kampus tercinta,” tegasnya.

Apresiasi Rektor UIN SGD Bandung lainnya, menetapkan secara khusus wisudawan peraih pujian dengan IPK tertinggi sebanyak 41 lulusan dan 1 wisudawan yang hafal 30 juz Al-Quran.

Inilah nama-nama 10 IPK (indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi dan 1 wisudawan yang hafal 30 juz Al-Quran;
1). Miska Unil Ilma, S.Pd, Kurusan Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,93,
2). Gina Amaliyah Solihah, S.Pd, Kurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3, 93,
3). Suherman, S.Hum, Jurusan Sejarah dan Perabadan Islam dengan IPK 3,92,
4). Nurlaela Sari, S.Pd, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan IPK 3,92,
5). Nida Labibah, SH, Jurusan Hukum Keluarga dengan IPK 3,91,
6). Siti Habibah, S.Sos, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan IPK 3,91,
7). Rizki Zakwadin, S.Pd, Jurusan Pendidikan Fisika dengan IPK 3,89,
8). Okeu Irwandi Widjaya, S.Hum, Jurusan Sastra Inggris dengan IPK 3,89,
9). Mohammad Aqil Baihaqi, S.Ag, Kurusan Tasawuf dan Psikoterapi dengan IPK 3,88,
10). Vini Zulva Nurhadiyani, S.Sos, Jurusan Sosiologi dengan IPK 3,88, dan Muhammad Anis Fuadi, S.Ag, Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, lulusan berprestasi Bidang Tahfidz Quran 30 juz.

Kepada redaksi sang penghafal 30 juz Al Quran Muhamad Anis Fuadi yang kini tinggal di Cileunyi di area Bandung Timur bersama istrinya, berharap dirinya dapat meneruskan ke jenjang pendidikan Program S-2 dengan bantuan beasiswa dari UIN SGD Bandung. Tatkala aspirasi Muhamad Anis Fuadi ini disampaikan kepada Rektor UIN SGD Bandung disela-sela ramah tamah bersama anggota senat universitas dan tamu undangan lainnya: “ Tentu saja kepada para lulusan dengan status ‘terpuji’ dan khusus untuk penghafal 30 juz Al Quran, akan ada perhatian khusus,” pungkas Rektor UIN SGD Bandung. (Harri Safiari)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News