HomeLintas BeritaKunjungi Lomba Satkamling di Jambudipa KBB, Ini Pesan Wadir Binmas Polda Jabar:

Kunjungi Lomba Satkamling di Jambudipa KBB, Ini Pesan Wadir Binmas Polda Jabar:

JAYANTARANEWS.COM, KBB

Rombongan Tim Penilai Lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tingkat Polda Jabar tiba di lokasi pada pukul 9.00 WIB, Senin (29/5/2023).

Tim penilai mengunjungi Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) Kampung Jambudipa RT/RW 01/16 Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Diiringi tarian siswa/siswi SD Jambudipa, kedatangannya disambut pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Bamdung Barat Hj. Ida Widaningsih, S.Ip., Camat Cisarua Drs. Taufik Firmansyah, M,Si., Kapolsek Cisarua yang diwakili Kanit Binmas AKP Baharudin, Koramil Cisarua diwakili oleh Babinsa Peltu Suhandi, Kepala Desa Jambudipa Cece Suryadi, serta perangkat desa, ibu- ibu PKK, Ketua LPM, Ketua MUI Ustadz Ceceng, S.Ag., tokoh masyarakat, awak media dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Camat Cisarua Drs. Taufik Firmansyah, M.Si., menyampaikan rasa syukur. “Karena merupakan suatu kebanggaan bagi kami bersama kepala desa, hingga bisa dihadiri langsung oleh Wadir Binmas Polda Jabar beserta jajarannya, dalam rangka perlombaan Satkamling se-Polda Jabar ini,” ucapnya.

Menurutnya, bahwa Poskamling RW 16 ini merupakan hasil karya Pak RW 16 sendiri. “Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal, karena melihat kekompakan warga ini sangat mendukung,” imbuhnya.

Peranan penting sinergitas TNI/Polri dengan kecamatan dan pemerintahan desa, kata dia, dapat menjadikan suatu motivasi. “Dengan adanya Pos Satkamling ini, dapat meningkatkan silaturahmi antar warga saat bertugas, dan tidak memandang jabatan dalam mengamankan lingkungannya,” ujar Taufik Firmansyah.

“Demikian juga, warga yang siap membantu aparat penegak hukum (APH), dan selalu kompak dalam menyelesaikan perkara dan menjaga keamanan lingkungan,” ulasnya.

Di kesempatan sama, Ketua RW 16, Wendi, mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Satkamling dari Polda Jabar di Kampung Jambudipa, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. “Terima kasih kepada seluruh perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, awak media dan para tamu undangan, khususnya warga Kampung Jambudipa, yang telah berpartisipasi terhadap keamanan lingkungan, sehingga kita bisa ikut perlombaan Satkamling tingkat Polda Jabar,” ucapnya.

Dikatakannya, bahwa penataan Pos Satkamling tersebut merupakan hasil karya RW 16 bersama warganya. “Kita lihat ada ruang tahanan, yang merupakan ruang untuk tahanan sementara bila terjadi gangguan keamanan. Kemudian ada toilet untuk memudahkan para petugas ronda, hingga tidak haru pulang ke rumah,” terangnya.

“Mudah-mudahan, Satkamling ini bisa menjuarai tingkat Polda Jabar, supaya bisa mengharumkan nama Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, dan Polsek Cisarua,” harapnya.

Sementara itu, tim penilai lomba Satkamling tingkat Polda Jabar AKBP M. Rois, SIK., MH., selaku Wadir Binmas Polda Jabar, dalam arahannya menyampaikan tentang tata cara kinerja Satkamling yang baik dan benar, serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas.

“Semoga Satkamling ini dapat menjadi juara tingkat Provinsi Jawa Barat, sehingga menjadi motivator dan motor penggerak bagi warga binaanya untuk sama-sama mewujudkan kamtibmas yang mantap dengan melibatkan warga, dalam upaya pencegahan dan pengamanan di wilayah binaannya,” pesannya

“Sekarang sudah diluncurkan Program Polisi Rukun Warga (RW) bagian dari Satkamling. Yakni bertugas untuk mendatangi warga dan mengakomodir keluhan warga setempat,” pungkasnya. (Nuka JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News