HomeNewsMerubah Mindset Masyarakat Dengan Giat Family Development Session (FDS)

Merubah Mindset Masyarakat Dengan Giat Family Development Session (FDS)

Merubah Mindset Masyarakat Dengan Giat Family Development Session (FDS)

IMG-20190718-WA0033

JayantaraNews.com, Lotim

IMG-20190718-WA0034

Kemiskinan merupakan sebuah keadaan, dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan, seperti kesehatan, pendidikan, serta kesejahteraan sosial.

Supervisor HM Zuhad Lombok Timur menyampaikan,” Maka pemerintah membuat sebuah program, salah satu programnya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang baik menjadi perilaku yang lebih baik, mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga penerima manfaat.”

Tujuan dari program ini, pertama, meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Kedua, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, dan ketiga, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengelola keuangan keluarga, mengakses layanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial, menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengelola keuangan keluarga, mengakses layanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosialm.

Selanjutnya, yang keempat, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, dan yang kelima adalah mengenalkan manfaat produk dan jasa keuangan formal kepada KPM” (Sumber: Permensos No 1 Tahun 2018).

IMG-20190718-WA0035

Kami selaku Supervisor Program Keluarga Harapan (PKH), melakukan beberapa kegiatan, seperti turun langsung ke para pendamping PKH, guna melakukan supervise, memantau dan melihat pelaksanaan daripada kegiatan Family Development Session (FDS), atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di kelompok-kelompok masyarakat penerima manfaat.

Kita mengetahui, bahwa dalam pelaksanaan bisnis PKH, Supervisor bertugas mengendalikan pelaksanan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) pada tingkat kabupaten/kota.

Sedikit dan sekilas tentang FDS atau P2K2 ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta, dalam hal ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tentang pentingnya pendidikan, kesehatan dll, dalam memperbaiki kualitas hidupnya dan keluarga di masa depan.

Pelaksanaan kegiatan PKH ini tidak hanya terfokus pada penyaluran bantuan saja, tapi juga ditekankan pada kegiatan yang dapat merubah sikap dan perilaku KPM dalam mengakses dan menggunakan bantuan yang diberikan melalui berbagai pertemuan kelompok dalam format Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) yang dikenal dengan istilah Family Development Session (FDS).

Kegiatan FDS ini dilaksanakan oleh teman-teman pendamping pada kelompoknya yang telah dibentuk dengan menyampaikan  berbagai materi yang ada di modul FDS atau P2K2, diantaranya mengenai kesehatan, pendidikan, ekonomi, kesejahteraan sosial dll, demikian
Supervisor PKH Lotim. (KhairiL)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News