HomeLintas BeritaKabid Disparpora Bukittinggi: Efek Virus Corona Tak Menunjukkan Penurunan Wisatawan

Kabid Disparpora Bukittinggi: Efek Virus Corona Tak Menunjukkan Penurunan Wisatawan

Kabid Disparpora Bukittinggi: Efek Virus Corona Tak Menunjukkan Penurunan Wisatawan

JayantaraNews.com, Bukittinggi

Menyangkut persoalan Virus Corona yang saat ini marak jadi gunjingan publik, memang patut dicermati sekaligus dicari langkah-langkah antisipasi.

Kota Bukittinggi, yang merupakan Kota wisata yang telah dikenal dunia, tentu akan menjadi salah satu sorotan bagi para pengunjung (wisatawan).

Ketika beberapa minggu lalu dilemparkan berita terkait Virus Corona, diketahui kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi sedikit menurun.

Dari data yang diperoleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bukittinggi, hasilnya masih banyak wisatawan dari luar negeri yang berkunjung ke Kota Bukittinggi semenjak area Jam Gadang sudah direvitalisasi.

Menurut Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora Kota Bukittinggi, Suzi Yanti, kepada Media Online JayantaraNews.com, pada Rabu (11/3/2020) menuturkan,” selama bulan Februari 2020, ada 500 wisatawan dari Malaysia yang telah terdata masuk ke Kota Bukittinggi. Ini berarti efek Virus Corona tidak menunjukkan penurunan wisatawan, mereka tidak terpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Bukittinggi,” ucap Suzi.

“ Kemudian, kami dari Pemerintah Kota (Pemko), khususnya dari Disparpora, tentunya bergiat terus mengimbau dan menekankan kepada travel agent untuk membawa wisatawannya ke Kota Bukittinggi yang sehat.”

Seterusnya diimbau kepada petugas lapangan serta pelaku pariwisata, untuk tetap menjaga pola hidup bersih, aman, nyaman dan sehat. ” Diupayakan terus untuk tidak bersentuhan langsung dengan wisatawan mancanegara. Ini dilakukan sebagai langkah antisipatif kita sebagai warga Kota Bukittinggi. Pihak hotel juga diimbau, jika ada yang diragukan, langsung laporkan dan berkoordinasi dengan pihak layanan kesehatan,” ulasnya.

Ia menambahkan, Kota Bukittinggi tidak punya wewenang untuk melarang wisatawan yang berkunjung masuk ke kota yang dijuluki sebagai Kota Jam Gadang. Informasi ini didapatkan dari penerbangan internasional yang masuk di BIM, hanya diizinkan dari Malaysia negara tetangga.

“ Wisatawan yang berlibur dari negara tetangga maupun negara lainnya melalui dua pemeriksaan. Insya Allah, Bukittinggi aman dan nyaman dari pengaruh Virus Corona, dan juga kita semua berharap wisatawan aman dan nyaman untuk kembali berkunjung ke Kota Bukittinggi ini lagi,” tambahnya.

Upaya dan usahanya bagaimana kita semua dapat mengantisipasi Virus Corona dengan penerapan pola hidup bersih dan juga sehat.

Kami semua juga tak lupa mengajak pengunjung untuk mencicipi ciri khas makanan favorit Kota Bukittinggi,” tutupnya. (Zul)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News